Manfaat Beserta Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah

manfaat beserta tips mendampingi anak belajar

Belajar bisa dilakukan di mana saja. Tak hanya di sekolah, di rumah pun anak bisa belajar secara mandiri. Tugas orang tua di sini adalah mendampinginya dalam belajar. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan selaku orang tua selama mendampingi anak belajar.

Di antaranya mampu menguatkan bonding, membantu anak jika tidak bisa memecahkan soal, anak lebih percaya diri membuat anak lebih bisa berkonsentrasi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan selama mendampingi anak belajar di rumah. Simak baik-baik, ya!

Tips Mendampingi Anak Belajar

Agar kegiatan belajar buah hati berjalan lancar, berikut ini adalah beberapa tips mendampingi anak belajar yang bisa kita lakukan. Antara lain:

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Belajar di rumah berbeda dengan saat belajar di sekolah. Di sekolah, anak-anak akan belajar di ruang kelas. Ketika di rumah, kita perlu menyediakan tempat belajar yang nyaman bagi anak.Kita bisa memanfaatkan sudut kamar anak atau sudut rumah yang kosong untuk disulap menjadi tempat belajar.

Berikan perlengkapan pendukung seperti meja belajar, kursi atau karpet untuk lesehan dan sebagainya. Sebisa mungkin, tempat belajar tersebut jauh dari kebisingan agar anak bisa lebih berkonsentrasi.

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Terdapat berbagai jenis gaya belajar, seperti gaya belajar visual, auditori dan kinetik. Perhatikan bagaimana gaya belajar anak kita. Jika anak lebih menyukai materi bergambar, berarti gaya belajar anak adalah gaya belajar visual.

Begitu pun jika anak suka melakukan kegiatan lain saat belajar, bisa jadi anak memiliki gaya belajar kinestetik. Menyesuaikan gaya belajar anak akan membuat materi lebih mudah terserap oleh otak, sehingga anak tidak mengalami kesulitan saat mengerjakan soal.

Buatkan Jadwal Anak

Kita juga bisa membuatkan jadwal untuk belajar di rumah. Dengan adanya jadwal, anak bisa menjadi lebih disiplin dan teratur. Misalkan, buat jadwal belajar pukul 19.00 – 20.00 malam.

Jika melanggar peraturan, orang tua bisa memberikan hukuman agar anak tidak mengulanginya lagi. Dan jika anak belajar dengan baik, berikan pula reward berupa hadiah agar anak semakin semangat belajar.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Selain anak, kita sebagai orang tua juga harus meluangkan waktu untuk mendampinginya belajar. Maksimalkan waktu kita bersama anak.

Tidak hanya saat mendampingi belajar, kita juga bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama buah hati tercinta. Dengan begitu, ikatan antara orang tua dan anak tetap bisa terjalin baik.

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Sudah banyak situs pembelajaran online yang bisa diakses dengan mudah. Salah satunya adalah Pijar Belajar. Berikut uraian lengkapnya.

Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar adalah suatu aplikasi atau platform edukasi digital besutan PT. Telkom Indonesia. Visi misi dari aplikasi ini adalah memeratakan pendidikan serta mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Dalam aplikasi tersebut, tersedia banyak materi dalam bentuk elektronik, soal latihan belajar dan ujian dan video pembahasan. Adapun keunggulan dari aplikasi Pijar Belajar ialah sebagai berikut:

Keunggulan Pijar Belajar

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA. Materi belajar tersedia lengkap, mulai dari SD, SMP dan SMA.
  • Harga terjangkau banget. Untuk masalah harga, Pijar Belajar mematok biaya yang terjangkau banget. Pas di kantong orang tua.
  • Start 10rb. Harga untuk mengakses berbagai fitur di dalam aplikasi start dari Rp 10 ribu saja.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone. Aplikasi atau platform Pijar Belajar bisa diakses melalui laptop dan smartphone.

Banyak sekali bukan keunggulan dari aplikasi Pijar Belajar? Langsung unduh aplikasi Pijar Belajar melalui Google Playstore maupun App Store. Belajar kapan saja dan di mana saja bersama Pijar Belajar!

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Beserta Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah"