Penting! Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Ingin Membeli Mobil Lelang

Membeli mobil bekas lewat metode lelang kini bisa jadi opsi terbaik untuk dapat mobil second berkualitas dengan harga murah. Namun tidak sedikit juga yang tertipu karena membeli lelang mobil di lembaga lelang yang ilegal.

Karenanya sangat penting untuk melakukan beberapa pertimbangan sebelum membeli mobil. Termasuk di dalamnya saat memilih lembaga lelang mana yang akan digunakan. Termasuk hal tersebut apa saja yang harus dipertimbangkan? 

5 Hal Pertimbangan sebelum Beli Mobil Lelang

Mobil yang dilelang memang tidak jarang mobil bermerk dengan kualitas yang bagus. Namun alih-alih langsung tertarik dan membelinya, ada baiknya bila kamu mempertimbangkan beberapa hal seperti berikut ini. 

Periksa Lembaga Lelang dan Pahami Metode Lelangnya

Pertama, periksa dulu apakah lembaga pelelangan mobil legal atau tidak karena menyangkut sistem transaksi dan kelegalan surat kendaraan. Selanjutnya pahami metode lelang agar kamu tidak mengalami kesalahpahaman sepihak karena hal sepele. 

Pastikan Sumber Mobil

Tidak kalah penting, pastikan sumber mobil yang akan dibeli. Bagaimana pun juga sumber mobil penting diketahui karena akan menyangkut hak kepemilikan kendaraan. Terlebih mobil yang dijual dalam proses lelang merupakan mobil dari berbagai macam sumber.

Mobil umumnya memang berasal dari penjual biasa yang ingin menjual mobilnya karena hal mendesak. Namun tidak menutup kemungkinan juga mobil berasal dari sitaan oleh lembaga pemerintah ataupun hasil tangkap pencurian. Jadi pastikan dulu mobil berasal dari sumber baik. 

Kondisi Mobil hingga Kilometernya

Tentu saja walaupun mobil yang dibeli merupakan mobil bekas keadaannya harus tetap layak untuk digunakan. Kondisi luar mobil bisa ditilik apakah ada yang penyok atau terdapat goresan. Periksa juga spion, ban, lampu dan pembersih kacanya.

Jangan lupa untuk ikut memeriksa bagian dalam mobil seperti kondisi jok, seat belt dan kilometer mobil. Bila kilometer sudah terlampau dari angka rata-rata baiknya kamu memilih mobil lain. 

Kelengkapan Surat Mobil

Kelengkapan surat tentu harus diperhatikan. Jangan sampai kadaluarsa atau lebih parahnya lagi hilang. Kelengkapan surat memang bisa dibuat lagi dikemudian hari. Namun lebih dari itu, kelegalan kendaraan juga bergantung pada kelengkapan suratnya. 

Pertimbangkan Harga dan Kualitas Mobil

Terakhir, pertimbangkan harga dan kualitas mobil. Jangan langsung kepincut dengan bodi dan jenis mobil, baiknya lihat dulu kondisi dan kelengkapan mobil secara keseluruhan. Pintar menawar harga berdasar kondisi mobil saat lelang merupakan sebuah keharusan.

Untuk kondisi mobil dengan grade A maka pemasang harga tentu harus berani. Semakin turun gradenya maka kamu bisa menekan harga dan menaikkannya sedikit demi sedikit.

Pembelian mobil lewat lembaga lelang IBID bisa dilakukan secara online. Cukup download aplikasi di Play Store maupun App Store. Masukan data pribadi dengan tepat dan nikmati belanja mobil dengan cara yang lebih asyik lewat IBID, lembaga lelang terpercaya.

Tidak ada komentar untuk "Penting! Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Ingin Membeli Mobil Lelang"