Wajib Tahu! Apa Itu Jersey Bola dan Fakta-faktanya?

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kaki. Kebanyakan pemainnya adalah laki-laki, begitu pun dengan penggemarnya. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak wanita yang juga menyukainya.

Selain bola, ada hal lain yang diperlukan untuk melakukan olahraga ini. Satu contoh, jersey yang tentu sudah diketahui namanya bagi anda para pecinta sepak bola.

Selengkapnya termasuk fakta-fakta mengenai istilah tersebut terangkum dalam penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Jersey Bola?

Definisi jersey bola adalah setelan yang dipakai atlet sepak bola. Benda ini menjadi perlengkapan standar atau wajib dalam olahraga tersebut.

Biasanya terbuat dari bahan tipis dan mudah menyerap keringat, sehingga memicu rasa nyaman bagi pemain.

Tak hanya itu, jersey bola berfungsi sebagai tanda pengenal tiap individu atau regu. Beberapa aksen yang membedakan antara lain, nomor punggung, warna, desain, dan logo grup.

Para pencintanya juga gemar mengoleksi benda ini karena bangga untuk dipakai sehari-hari.

Fakta Jersey Bola

Selain definisi diatas, ada berbagai fakta jersey bola yang juga perlu anda ketahui. Di bawah ini beberapa daftarnya.

1. Sejarah Jersey Bola

Awal kemunculan jersey bola ini disesuaikan oleh aturan penggunaan kaus pada pertandingan sepak bola pertama di tahun 1891.

Kelompok sepak bola Inggris atau FA mengungkapkan bahwa semua pemain harus memakai seragam, dimana sebelumnya masih bebas.

Sejak saat itulah, semua klub sepak bola merilis seragam jersey dan mendaftarkan warna resminya pada pusat. Sebagai contoh, Persib identik dengan biru dan Persija oranye. Desain serta modelnya pun terus mengalami perubahan mengikuti zaman yang kian maju.

2. Model Jersey

Mulanya, model jersey bola didesain serba tertutup dengan ukuran baju dan celana panjang. Kemudian, berbasis kemajuan teknologi, ada inovasi yang menjadikannya slim fit atau pas badan.

Fungsinya agar memudahkan para pemain saat bergerak serta meminimalisir lawan untuk menarik baju.

Desain canggih ini juga dilengkapi dengan ventilasi kecil berongga, yang bisa anda lihat pada sisi tiap jersey bola. Hal ini diperuntukkan sebagai jalan keluar udara bagi kulit tubuh.

3. Bahan Jersey Bola

Sejak awal pemakaiannya, jersey bola juga terus mengalami perubahan dari segi bahan. Mulai dari bertekstur berat seperti wol, kain katun, hingga sintetis yang dimulai pada dekade 50-60an.

Bahan sintetis ini dianggap lebih mudah menyerap keringat, tidak kaku, dan cepat kering. Jadi, para atlet sepak bola akan merasa nyaman saat bermain di lapangan.

4. Pemakaian Nomor Punggung

Pemberian nomor punggung pada jersey bola sempat mengalami pro kontra. Tepatnya di awal pemakaian pada Agustus 1928.

Kala itu diterapkan oleh dua klub besar asal Inggris, Arsenal dan Chelsea. Masalah yang dijadikan perdebatan adalah karena tidak terlalu penting.

Namun, seiring bertambahnya waktu, nomor punggung sudah resmi digunakan pada jersey bola. Gunanya sebagai identitas tiap pemain, seperti Christiano Ronaldo yang identik dengan angka 7 dan julukannya adalah CR07.

5. Keberadaan Sponsor

Kemunculan sponsor pada jersey bola dipelopori oleh Austria, Denmark, dan Perancis di era 1950-an.

Hal tersebut dilakukan agar bisa memperoleh tambahan pendapatan. Keberadaannya ini kian eksis hingga saat ini, baik pada persepakbolaan lokal maupun internasional.

Itulah penjelasan mengenai definisi jersey bola serta fakta-faktanya. Apakah informasi diatas menambah wawasan pengetahuan anda?

Tidak ada komentar untuk "Wajib Tahu! Apa Itu Jersey Bola dan Fakta-faktanya?"