Mengenal Apa Itu Jasa Kurir dan Tanggung Jawabnya

Ketika kirim barang tentu Anda butuh yang namanya jasa ekspedisi agar kegiatan pengiriman barang jauh lebih sempurna. Pada ekspedisi ada yang namanya jasa kurir di mana kurir adalah pelaku utama dari perusahaan ekspedisi.

Kurir memiliki tugas tanggung jawab utama yaitu mengantarkan paket orang-orang ke berbagai alamat tujuan dalam satu pengiriman. Modal utama dari seorang kurir adalah kecepatan saat kirim barang dan paham daerah pengiriman. Diharapkan seorang kurir profesional dan jujur serta amanah saat kirim barang ke alamat penerima agar penerima puas dengan layanan ekspedisi yang dipilih. 

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

Perlu dipahami bahwa kurir punya banyak tugas dan tanggung jawab selain mengantar paket saja. Berikut ini akan dijelaskan berbagai tanggung jawab seorang kurir.

Kirim Paket Ke Alamat Tujuan

Kurir punya tanggung jawab utama yaitu kirim paket ke alamat tujuan dan harus serba bisa untuk kirim paket dengan berbagai macam jenis paket, ukuran sampai jumlah dan berat barang yang akan dikirim. Kurir tentu harus serba bisa artinya jika ingin kirim barang yang jumlahnya banyak atau berat maka harus gunakan kendaraan roda empat atau truk agar barang yang dikirim tetap aman.

Jika kurir menggunakan motor artinya barang yang dikirim ukurannya kecil dan dalam jumlah satuan karena masih bisa memanfaatkan motor saja. Kirim barang naik motor tentu saja jauh lebih cepat apalagi untuk jalanan Jakarta yang macet kurir tetap bisa cepat sampai ke lokasi dengan sepeda motornya.

Memastikan Paket Anda Aman

Selain mengirim barang tentu saja kurir punya tanggung jawab yaitu memastikan paket aman sampai ke tangan konsumen. Meskipun saat kirim barang dengan motor, kurir harus tetap menjaga agar barang-barang tersebut kondisinya tetap aman dari awal perjalanan sampai ke tangan penerima.

Tentu saja barang yang dikirim terdapat banyak jenis ada juga barang yang punya label mudah pecah sehingga tidak boleh dibanting saat proses pengiriman. Tentu hal seperti ini sudah dipahami oleh kurir sehingga barang tersebut akan diperlakukan cara hati-hati supaya barang tidak mengalami kerusakan di jalan.

Mendata Semua Barang

Tugas kurir kirim barang adalah melakukan pendataan saat akan menyampaikan barang-barang tersebut ke alamat penerima. Pendataan ini berfungsi untuk memudahkan kurir saat kirim barang dengan mudah sesuai areanya atau area yang berdekatan agar bisa dikirim dalam satu kali pengiriman saja.

Adapun pendataan ini juga memudahkan penerima paket bisa mengecek keberadaan barang. Penerima paket tidak akan merasa was-was sebab barangnya sudah ada di tempat yang aman hingga paket nantinya sampai. Kurir juga wajib menjaga data pengirim dan penerima barang mulai dari nama, alamat sampai nomor telepon dan data pribadi lainnya.

Biasanya hanya melakukan panggilan telepon di nomor yang tertentu pada paket jika ada kebutuhan mendesak. Seperti misalnya melakukan panggilan ketika sampai di rumah penerima barang, namun tidak ada orang yang bisa menerima paket tersebut.

Melakukan COD

Saat melakukan kirim barang ada yang namanya sistem COD atau cash and delivery. Dimana transaksi barang ini wajib melakukan metode pembayaran di tempat. Hal ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin memastikan barang yang sampai di tangan dengan selamat adalah barang yang baik.

Kurir COD bertugas mengantarkan paket dan melakukan transaksi antara penjual dan pembeli mulai dari harga barang sampai ongkos kirim yang harus dibayar. 

Itu tadi beberapa tugas kurir yang wajib dipahami. Untuk pilih kurir terbaik dengan ekspedisi yang tepat maka bisa gunakan Sentral Cargo. Jasa ekspedisi ini sudah berdiri sejak lama dan berpengalaman dalam kirim barang baik via darat, laut sampai udara.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa Itu Jasa Kurir dan Tanggung Jawabnya"