Perbedaan Plak dan Karang Gigi Serta Faktor Penyebabnya

perbedaan plak dan karang gigi

Seperti diketahui ketika gigi mengalami masalah maka akan sangat mengganggu. Masalah pada gigi juga sangat banyak, salah satunya adalah plak dan karang gigi yang memang tidak menyakitkan tapi bisa merusak penampilan. 

Banyak orang menganggap plak dan karang gigi adalah kedua hal yang sama. Tentu ada perbedaan plak dan karang gigi yang wajib dipahami oleh setiap orang.

Perbedaan Plak dan Karang Gigi

Berikut akan dijelaskan apa itu plak dan juga apa itu karang gigi.

Plak

Plak adalah lapisan tipis yang teksturnya lembut dan juga lengket namun tidak berwarna atau disebut juga dengan istilah biofilm. Adapun plak ini merupakan sisa makanan atau minuman yang dikonsumsi lalu tercampur bakteri dan air liur jadi menempel pada permukaan gigi.

Ketika plak tidak dibersihkan, maka akan terus menumpuk dan menghasilkan asam yang secara perlahan akan mengalami pengerasan dan berubah warna menjadi putih kekuning-kuningan. Plak ini sendiri bisa membuat risiko terbentuknya karang gigi dan juga gigi berlubang serta radang gusi.

Karang Gigi

Sementara karang gigi adalah penumpukan lapisan plak yang sudah terlalu tebal dan mengeras. Warna karang gigi sendiri berbeda dengan plak dimana warnanya sudah menjadi coklat kehitaman dengan tekstur yang kasar dan bisa menutupi lapisan gigi.

Umumnya karang gigi ini muncul di bagian dalam dari gigi depan bawah dan semakin gelap warnanya. Jika semakin gelap sebenarnya lapisan karang gigi ini semakin tebal.

Risiko Pemicu Karang Gigi

Selain karena kurang menjaga kebersihan gigi, berikut ini beberapa risiko pemicu karang gigi yang umumnya terjadi.

  • Usia, adapun karang gigi akan terbentuk seiring bertambahnya usia apalagi bagi orang yang jarang ke dokter gigi. Padahal sejatinya periksa gigi dan konsultasi sangat penting meski tidak merasa gigi nyeri atau goyang.
  • Merokok, karang gigi bisa terjadi karena merokok sebab orang yang mengkonsumsi rokok lebih beresiko mengalami penyakit gusi. Penyakit gusi dimulai dari akibat bakteri di mulut yang dibiarkan terlalu lama, adanya plak dan juga karang gigi.
  • Makanan dan minuman bergula, mengkonsumsi makanan dan minuman manis bisa menyebabkan plak dan karang gigi terutama makanan berguna. Sebaiknya kurangnya konsumsi makanan dan minuman manis mulai sekarang untuk meminimalisir resiko karang gigi.

Sekarang tentu Anda sudah tahu perbedaan plak dan karang gigi serta beberapa hal yang memicu terjadinya kedua masalah gigi dan mulut tersebut. 

Untuk yang ingin melakukan perawatan agar tidak mengalami plak dan karang gigi, maka bisa langsung mengunjungi Opal Dental. Klinik dental ini memiliki alat yang lengkap dan canggih serta tim dokter ahli dan juga perawatannya menggunakan standar internasional.

Tidak ada komentar untuk "Perbedaan Plak dan Karang Gigi Serta Faktor Penyebabnya"