Makna Dibalik Pemberian Nama Baptis dalam Gereja Katolik

Banyak orang mencari nama baptis perempuan untuk buah hatinya. Pemberian nama tersebut bermakna kristiani dan mendukung iman kristiani. Nama baptis sendiri berasal dari nama orang kudus yang secara kanonis telah menerima gelar santo atau santa.

Nama baptis mengandung harapan atau doa yang mendalam untuk anak. Sayangnya, kini banyak pemberian nama baptis Katolik yang jauh dari harapan atau kehilangan makna kristiani. Bahkan, tidak jarang muncul nama-nama asing.

Padahal, dalam memilih nama baptis tidak boleh sembarangan, jika perlu bisa disesuaikan dengan tanggal kelahiran anak. Pentingnya pemberian nama baptis ini karena ada makna yang sangat dalam. Mau tahu bagaimana pembahasannya? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Makna Dibalik Pemberian Nama Baptis

Nama kristiani atau nama baptis berasal dari sederet nama yang terdapat pada Kitab Suci. Dalam Gereja Katolik, nama baptis sendiri tidak hanya berasal dari Kitab Suci, tetapi juga tradisi seperti kisah santa dan santo, atau beata dan beato.

Oleh karena itu, nama-nama yang ada dalam Gereja Katolik tidak ada pada agama lain karena sumbernya dari tradisi khusus untuk Katolik. Berikut beberapa makna dari pemberian nama baptis kepada anak.

Pertama, nama baptis sebagai harapan semoga seseorang bisa memancarkan keutamaan, keteladanan, dan kesucian orang kudus atau nama santo dan santa yang terpilih.

Kedua, pemberian nama baptis sebagai tanda bahwa mengimani orang kudus sebagai perantara dan membantu seseorang dalam hidup layak di hadapan Allah.

Ketiga, nama baptis atau nama kristiani sebagai simbol kehidupan baru yang diterima melalui baptisan tersebut.

Keempat, penggunaan nama orang kudus seperti santo dan santa menunjukkan makna persekutuan para kudus, yakni persekutuan Gereja dengan Allah Tritunggal dan bersama semua umat beriman yang masih hidup, sudah meninggal, maupun sudah mulia di surga. Persekutuan ini adalah bentuk relasi kasih dan keselamatan yang tidak akan pernah putus.

Pemberian nama baptis dalam Gereja Katolik memang berbeda dengan Gereja Protestan. Nama baptis dalam Gereja Katolik bertujuan untuk meneladani sikap hidup dari orang kudus yang namanya telah terpakai.

Nama baptis tersebut berasal dari nama orang kudus yang sudah bergelar santa atau santo, misalnya Santa Teresia, Santo Gregorius, Santa Bernadeta, atau Santo Kristoforus.

Itulah makna penting dari pemberian nama baptis yang tidak boleh sembarangan. Bagi kamu yang membutuhkan informasi lain seputar kerohanian seperti lagu rohani kristen terbaru, kamu bisa langsung mengunjungi insighttour.id.

Tidak hanya informasi yang menarik, website tersebut menawarkan paket Ziarah Holyland untuk mendapatkan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap umat Kristiani. Mau tahu paketnya seperti apa? Cek langsung hanya di insighttour.id, ya! Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Makna Dibalik Pemberian Nama Baptis dalam Gereja Katolik"