Cara Menidurkan Bayi agar Bisa Deep Sleep

Deep sleep merupakan tahap tidur yang paling dalam ketika anak tertidur lelap. Pada tahap ini, aktivitas otak akan menurun sehingga suhu tubuh, detak jantung dan pernapasan juga melambat. Seluruh otot tubuh pun benar-benar dalam keadaan rileks. Biasanya, tahap deep sleep terjadi di awal malam.

Tahap deep sleep pada bayi akan membantu menguatkan ingatan serta konsolidasi informasi yang dipelajari si kecil sepanjang hari. Oleh sebab itu, sangat penting bagi si kecil untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas demi kesehatan serta tumbuh kembangnya.

Berikut ini adalah cara menidurkan bayi agar bisa deep sleep dan mendapatkan manfaat baik untuk tumbuh kembangnya. Simak baik-baik, ya!

Ciptakan Rutinitas

Cara pertama ialah dengan menciptakan rutinitas tidur. Awalnya, bayi memang belum mampu membedakan waktu siang dan malam.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa membantu dengan melakukan rutinitas yang biasa. Seperti memandikan si kecil dengan air hangat sebelum menidurkannya, memakaikan pakaian tidur yang nyaman serta dininabobokan setiap sore.

Buat Lingkungan Tidur yang Nyaman

Selanjutnya, ciptakan suasana ruangan yang nyaman, hangat dan juga tenang. Saat bayi akan tertidur, biasakan hanya ada orang tertentu saja yang menemaninya hingga terlelap.

Pilih baju tidur yang nyaman, contohnya yang menyerap keringat namun juga tidak membuatnya kedinginan. Jika kamar tidur bayi ber-AC, sesuaikan suhunya agar bayi tidak merasa gerah atau kedinginan.

Redupkan Lampu Kamar Saat Tidur

Pada usia beberapa minggu setelah lahir, Bunda bisa mulai mengenalkan perbedaan waktu siang dan malam kepada si kecil. Misalkan, menyalakan lampu lebih redup ketika tidur akan membantu bayi belajar perbedaan siang dan malam.

Jangan melakukan kegiatan yang menimbulkan suara bising, karena bisa mengganggu waktu istirahat bayi. Dengan begitu, bayi akan mulai memahami bahwa suasana yang lebih redup atau gelap adalah pertanda malam hari dan waktunya untuk tidur.

Itulah beberapa cara menidurkan bayi yang bisa Bunda lakukan agar si kecil bisa mencapai deep sleep. Sebaiknya, pakaikan pula popok bayi Merries yang memiliki banyak keunggulan. Pertama, lapisan penyerap yang mampu menyerap cairan lebih banyak dan cepat.

Selain itu, terdapat sirkulasi udara yang baik sehingga kulit bayi bisa bebas iritasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, langsung saja kunjungi laman merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Cara Menidurkan Bayi agar Bisa Deep Sleep"