Mudah, Ini Cara Merawat Spion Elektrik Isuzu Mux

Meski dilabeli sebagai mobil diesel, Isuzu Mux tetap punya teknologinya sendiri untuk memudahkan pengemudinya. Salah satunya adalah spion dengan model elektronik, hanya dengan menekan tombol, maka spion bisa bergerak sesuai perintah.

Karena model dan desainnya yang modern, banyak pemilik Mux yang kebingungan dengan spion ini, khususnya cara perawatannya. Tak perlu khawatir, berikut adalah panduan untuk merawat spion Mux yang sudah berjenis elektrik. 

Cara Membersihkan dan Merawat Spion Isuzu Mux 

1. Siapkan Bahan Bahan

Untuk membersihkan spions elektrik, persiapkan semprotan silicon, gemuk putih, obeng plus minus, serta lap microfiber. Jika masih kesulitan melakukan pembersihan, tisu dan senter kecil juga bisa menjadi pilihan untuk membantu prosesnya.

Masing-masing bahan punya fungsinya sendiri, misalnya semprotan silicon untuk melumasi area penggerak atau gemuk putih untuk melumasi penggerak yang macet. Sisa dari bahan tersebut akan mendukung proses pembersihan dan pelumasan spion mobil Isuzu Mux.

2. Coba Gerakkan Spion

Setelah semua bahan siap, selanjutnya coba gerakkan spion elektrik tersebut menggunakan alat yang tersedia. Perhatikan adakah gejala yang membuat spion tersebut tak berjalan sebagaimana mestinya, misalnya macet atau tersendat. 

3. Semprotkan Bagian Engsel

Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan pelumas untuk membuat gerakan spion elektrik jadi lebih lancar. Usahakan untuk tidak sembarangan semprot, buka dulu bagian cermin, lalu semprotkan ke bagian komponen penggerak spion tersebut.

Jika kesulitan membuka bagian kaca, cobalah congkel sedikit dengan obeng plus minus, sehingga terdapat ruang untuk menyemprotkannya. Setelah ada celah, cobalah semprot bagian spion yang macet atau susah di gerakkan. 

4. Coba Gerakkan

Meski sedang di semprot, spions seharusnya tetap bisa digerakkan karena kontrolnya tak ada yang rusak. Cobalah untuk menggerakkan spion tersebut ke kiri dan ke kanan, jika memang sudah lancar, berarti proses pembersihan dan perawatan berhasil di lakukan.

Tapi jika spion Isuzu Mux tetap tak bisa bergerak dengan lancar, kemungkinan besar ada masalah di bagian sistem elektriknya. Jika bisa membongkar sendiri, cobalah membongkarnya, tapi jika tak memiliki pengalaman, ada baiknya bawa saja ke bengkel. 

5. Bersihkan Sisa Pelumas

Cara merawat spion Isuzu Mux sudah selesai, kini tinggal di lap sisa pelumas yang masih menetes di bagian spion. Gunakan kain microfiber berbahan lembut agar tak ada bagian mobil yang lecet ketika proses lap dilakukan.

6. Lap Bagian Kaca

Tidak hanya di bagian dalam saja, cermin di bagian spion juga harus dibersihkan. Bisa dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus dan mengeringkannya dengan lembut. Hindari membersihkan dengan sabun cuci atau deterjen karena bisa membuat tampilan spion jadi kusam.

Walau menggunakan spion elektrik yang terlihat modern, tapi spion Mux tetap harus dirawat dengan baik. Jika membersihkannya secara teratur 1 – 2 kali sebulan, spions elektrik tersebut pasti akan berfungsi dengan baik.

Tidak ada komentar untuk "Mudah, Ini Cara Merawat Spion Elektrik Isuzu Mux"