Ketahui 4 Cara Mengatasi Anxiety Berikut

cara mengatasi anxiety

Anxiety atau gangguan kecemasan merupakan istilah dalam psikologis, umumnya ditandai dengan kecemasan yang berlebih pada seseorang. Dilansir dari beberapa sumber, anxiety bisa menjadi kondisi psikologis serius, yang membatasi seseorang dalam berinteraksi, perkembangan dan keadaan pikiran secara umum.

Gejala gangguan kecemasan yang umum terjadi antara lain merasa gugup dan tidak berdaya, frekuensi detak jantung yang meningkat, berkeringat, gemetar hingga bernapas dengan sangat cepat atau hiperventilasi.

Anxiety disorder juga sering melibatkan episode berulang, yang berupa perasaan cemas dan takut secara tiba-tiba. Hingga episode itu akhirnya mencapai puncak dalam beberapa menit, dan sering disebut dengan panic attack.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi anxiety disorder. Yuk langsung disimak!

Pahami Pemicu Kecemasan

Cara pertama adalah Anda perlu mengenali atau memahami pemicu kecemasan terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan mempelajari situasi atau tindakan yang bisa membuat stres dan meningkatkan rasa cemas.

Berdiskusilah dengan yang lebih profesional untuk menghindari atau melatih strategi guna menghadapi anxiety yang Anda alami.

Terapkan Latihan Pernapasan Dalam

Ketika perasaan cemas itu tiba, cobalah melakukan latihan pernapasan dalam untuk meredakan kecemasan. Gangguan kecemasan kerap menyebabkan napas menjadi dangkal dan cepat. Hal tersebut menyebabkan detak jantung semakin cepat, pusing hingga serangan panik.

Apabila hal itu terjadi, Anda bisa mencoba untuk menarik napas dalam-dalam secara perlahan sambil memejamkan mata, kemudian perlahan embuskan keluar. Teknik relaksasi ini bisa membantu pola pernapasan Anda menjadi normal dan meredakan rasa cemas.

Pusatkan Pikiran Pada Kegiatan yang Dijalani

Fokus Anda akan terganggu saat kecemasan itu melanda. Saat merasa cemas, cobalah untuk kembali fokus pada kegiatan yang Anda jalani. Misalnya, membersihkan rumah atau pergi jalan-jalan bersama keluarga.

Apabila hanya duduk diam tanpa melakukan apapun, terlebih hanya fokus pada kekhawatiran tentang hal-hal yang kemungkinan bisa terjadi justru semakin memperburuk rasa cemas Anda.

Konsultasi ke Dokter Kesehatan Jiwa atau Psikiater

Tidak perlu malu untuk datang ke dokter kesehatan jiwa atau psikiater untuk berkonsultasi terkait anxiety yang Anda rasakan. Justru, dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa cara ampuh untuk mengatasi anxiety.

Seperti salah satunya adalah konsumsi obat-obatan penenang atau antidepresan yang membantu meredakan gejala anxiety. Namun, penggunaan obat tersebut harus dibawah pengawasan dokter. Tidak bisa dikonsumsi sembarangan, apalagi asal beli.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar obat-obat farmasi ini, silakan kunjungi laman pafikotapontianak.org. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Ketahui 4 Cara Mengatasi Anxiety Berikut"